MARKETPLACE

Marketplace – Direktur Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary menyebutkan bahwa nilai perdagangan elektronik yang terjadi di Indonesia mencapai 78%, tertinggi di dunia.
Angka ini tentu saja merupakan ikut campur beberapa platfrom marketplace marketplace yang merajai Indonesia saat ini sebut saja Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia dan marketplace marketplace yang lainnya.
Dalam setiap harinya pasti ada saja transaksi antara pembeli dan penjual di marketplace. Nah inilah yang coba kami, Winata Cyber Net lihat peluangnya. Di dalam Winata Cyber Team sendiri membentuk tim khusus yang memang diperuntukkan guna mengurus Marketplace.

Mungkin orang awam melihat seseorang yang menghasilkan uang dari Marketplace caranya dengan posting sebanyak banyaknya dan tinggal tunggu order, proses order, kirim dan mendapatkan uang tapi nyatanya memang seperti itu? Nah untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan garis besar jobdesk di divisi Marketplace (MP) Winata Cyber Net berikut ini.

Jobdesk Divisi Marketplace Winata Cyber Net






1. Riset Internal Pada Media Marketplace

Dari riset internal pada media media yang digunakan marketplace ini apa saja yang dihasilkan? Hasil dari riset internal yang pertama adalah kata kunci yang nantinya akan dijadikan judul, kompetitor yang akan dihadapi dan letak kota yang nantinya akan digunakan oleh toko.




2. Membuat Jadwal

Nah apa saja yang dibuat jadwalnya? Yang dibuat jadwalnya antara lain adalah pembagian shift, pembuatan toko sesuai keyword yang sudah diriset, upload toko serta melakukan backlink dan following.




3. Update Script Imacross Dan Macro

Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan, biasanya kami menggunakan macro dan imacros dalam mengupload produk produk atau kita biasa menyebutnya dengan optimasi produk.




4. Membuat Laporan Harian

Laporan ini berupa pencairan maupun klaim atas penjualan barang yang terjual di toko kepada kepala bagian online.




5. Komunikasi Dengan Konsumen

Sebenarnya tujuan dari kegiatan yang satu ini adalah membangun interaksi yang baik dengan pelanggan. Kegiatan komunikasi dengan konsumen ini meliputi membalas chat calon customer atau customer, melakukan follow up chat agar customer yakin untuk order barang yang kita jual, memberikan informasi dan pengecekan status barang diperjalanan serta mengarahkan konsumen untuk memberikan ulasan yang bagus kepada produk yang kita jual.




6. Closing Order

Tugas selanjutnya adalah memproses orderan yang masuk dengan benar. Proses order ini secara garis besar meliputi cek barang, cetak faktur dan cetak alamat yang nantinya diteruskan oleh Divisi Customer Service dan Cargo.




7. Optimasi

Secara berkala membuat akun atau toko sesuai dengan kata kuncinya, mengupload produk baik itu sifatnya produk baru dan produk lama dengan konten yang sesuai dengan kaidahnya. Tak hanya itu saja, secara berkala juga meminta gambar ataupun video pada Divisi Desain dan Video.




8. Evaluasi

Pekerjaan yang terakhir adalah mengevaluasi baik dari kompetitor (berdasarkan kata kunci produk), produk produk yang kurang laku terjual dan dari segi harga.
Secara garis besar tugas dari Divisi Marketplace seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dan semua yang dilakukan di Divisi Marketplace Winata Cyber Net diajarkan kepada siswa prakerin, peserta magang dan juga peserta workshop.

Diharapkan semua bisa menggunakan marketplace sebagai media jual beli di era digital ini.