PKL ONLINE SMK


Solusi PKL Pada Masa Pandemi | +62 812-8020-6147

PKL Online SMK – Bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau orang orang yang bekerja di dalamnya pastinya sudah sangat familiar sekali dengan yang namanya PKL.




PKL


PKL merupakan singkatan dari Praktik Kerja Lapangan atau ada juga yang menyebutnya dengan Pelatihan Kerja Lapangan (kini disebut juga PRAKERIN (Praktik Kerja Industri)). PKL sendiri dapat diartikan sebagai salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung.
Untuk tujuan dari PKL sendiri sangat diperlukan untuk menghasilkan output SDM yang unggul.





Tujuan PKL

  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengenal lebih jauh tentang dunia kerja dan dunia industri

  • Menjadi media pengaplikasian dari semua materi yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru di sekolah untuk peserta didik terapkan di dunia kerja dan di dunia industri

  • Meningkatkan hubungan kerja sama antara pihak sekolahan dengan pihak industri terkait

  • Peserta didik memperolah wawasan tentang dunia kerja

  • Dapat memahami tentang konsep non akademis seperti bagaimana cara untuk beretika di tempat kerja, menjaga ke-profesionalitas-an, disiplin kerja, dan hal hal lain yang mungkin saja tidak di dapatkan di sekolahan.



Dilihat dari tujuannya tentu saja kegiatan yang satu ini sangat penting, apalagi jika dilihat dari manfaatnya. Ketiga pihak yang terlibat pada program ini tentu saja sangat diuntungkan.  Presiden Joko Widodo menegaskan, fokus dunia pendidikan saat ini yakni memberikan keterampilan kerja pada generasi muda mudi sehingga bukan hal yang aneh lagi jika kini SMK sangat diperhatikan oleh pemerintah.





Kunci bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri dalam memenangkan persaingan entah apapun itu terletak pada SDM yang unggul. Salah satu cara untuk membuat unggul output yang dihasilkan SMK adalah melalui program PKL ini.
Tapi sayang seribu sayang, semua kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di dunia industri harus tertunda sampai waktu yang tidak ditentukan akibat imbas dari Covid-19. Pada awal merebaknya virus yang satu ini, pemerintah memberikan surat edaran untuk memberhentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah untuk sementara waktu sampai waktu yang tidak ditentukan.




PKL Di Masa Pandemi


Dengan tidak adanya kegiatan belajar mengajar tatap muka bisa dipastikan kegiatan PKL juga berhenti, banyak sekolah sekolah yang terpaksa menarik siswanya dari dunia kerja dan dunia industri untuk belajar mandiri di rumah.
Meskipun keadaan memaksa kita untuk membatasi kegiatan di luar rumah namun ada terobosan terbaru agar PKL tetap terlaksana namun peserta didik tetap aman di dalam rumah mereka masing-masing. 

PKL Online

PKL Online merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah di atas. Bagi sebagian orang awam tentu saja akan merasa kurang familiar dengan istilah ini karena di benak mereka jika membicarakan PKL ya pasti tempatnya di tempat kerja bukan di rumah masing masing.

Tapi itu kuno!

Selain terpaksa oleh keadaan akibat imbas COVID-19, teknologi juga sudah maju sehingga para siswa bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi tersebut untuk melakukan program PKL online saja. Terus karena mereka di rumah bagaimana dengan pekerjaannya? Bagaimana dengan bimbingannya? Bagaimana dengan penilaiannya?

Sebelumnya, perlu anda ketahui jika tidak semua bidang industri bisa melakukan PKL Online ini, contohnya jika peserta didik PKL di tempat yang memproduksi sesuatu tentu saja mereka tidak bisa mengerjakannya di rumah namun lain ceritanya jika peserta didik melakukan PKL di industri digital marketing tentu PKL Online akan mudah sekali untuk dilaksanakan.
Secara sederhana, PKL Online ini semua bentuk pelatihan dan yang lainnya dilakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi video conference seperti Google Meet, Zoom dan penyedia penyedia lainnya.




PKL Online Di Winata Cyber Net


Winata Cyber Net, Suatu usaha yang memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah yang memiliki keinginan untuk melaksanakan PKL Offline maupun Online.
Sebelumnya, Winata Cyber Net merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang digital marketing sehingga untuk melaksanakan PKL Online ini dapat dilakukan dengan mudah.
Setelah pihak sekolah dan pihak Winata Cyber Net bersetuju dengan program PKL Online, ada beberapa tahapan yang harus dilalui siswa sebelum mengerjakan tugas atau pekerjaan dari Winata Cyber Net.

Tahapan ini yakni (semua tahapan ini dijelaskan oleh pihak perusahaan melalui aplikasi penyedia video conference) :





1. Pengenalan 

Tahap yang pertama kali dilakukan adalah mengenalkan tentang profil perusahaan, SOP perusahaan dan yang lainnya terkait dengan perusahaan. Siswa juga akan dijelaskan tentang semua apa saja yang diboleh dilakukan selama masa prakerin dan apa saja yang tidak boleh dilakukan.



2. Assessment

Tahap yang satu ini dilakukan untuk mengetahui potensi siswa siswi. Nah tahap yang satu ini ada kaitannya dengan pembagian divisi nantinya, sebab tidak mungkin semua siswa melakukan pekerjaan yang sama karena setiap peserta didik memiliki potensi masing masing. Ada beberapa divisi di Winata Cyber Net yakni Divisi Marketplace, Divisi Sosial Media, Divisi Desain dan Video serta Divisi Website.
  Nah nantinya siswa siswa ini akan terbagi ke dalam 4 divisi tersebut. Pembagian ini dilakukan sesuai dengan assessment yang dilakukan sehingga pihak perusahaan tahu minat dan  bakat peserta didik dan mudah untuk “memasukkan” ke divisi divisi yang sudah disebutkan di atas.



3. Pelatihan

Setalah siswa siswi ini dikelompokkan maka mereka akan dilatih oleh mentor tentang pekerjaan mereka. Karena Winata Cyber Net bergerak di bidang Digital Marketing perlatihan ini meliputi riset produk, pembuatan konten untuk keperluan upload, upload di media yang digunakan divisinya serta evaluasi.



4. Produksi

Jika siswa sudah tahu dan mengenal tentang medianya masing masing maka oleh mentor siswa akan diberikan tugas untuk mem-posting konten di beberapa media yang digunakan di divisinya masing masing. 
Kami menghitung produktivitasnya dari link yang mereka kumpulkan, setiap harinya mereka akan ditarget sehingga tidak ada namanya PKL Online yang kegiatannya tidak jelas.

Sesekali juga akan diadakan evaluasi oleh mentor dari perusahaan untuk check hasil pekerjaan peserta didik.



5. Penilaian

Untuk keperluan sertifikat dan laporan, siswa siswi juga diberi nilai oleh pihak perusahaan berdasarkan dengan kinerja mereka selama mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh mentor .
Untuk waktu Prakerin nya bagaimana? Untuk lama peserta didik melakukan Prakerin menyesuaikan dengan kebijakan dari sekolah masing masing sedangkan untuk jam kerjanya, mereka menyesuaikan jam kerja perusahaan baik jam mulai bekerja, jam istirahat dan juga jam berakhirnya bekerja.
Winata Cyber Net sebenarnya tidak membatasi jurusan apa saja yang bisa melakukan PKL di tempat kami selama mau belajar bersama-sama tentang Digital Marketing kami mempersilahkan jurusan apa pun untuk PKL di tempat kami.




Persyaratannya juga cukup simpel, cukup dengan menyediakan perangkat baik HP maupun Laptop serta internet yang memadai dan juga kartu perdana untuk bahan praktik. 
Bagi pihak sekolah yang ingin melakukan kerja sama atau mengetahui lebih lengkap silakan untuk menghubungi nomor resmi CS Winata Cyber Net di +62 812-8020-6147 via Whatsapp, Telephon maupun Telegram.